KARAKTERISTIK ANAK USIA SD





                Perkembangan fisik dan Intelektual anak usia 6-12 tahun nampaknya cenderung lamban. Pertumbuhan fisik anak menurun terus, kecuali pada akhir periode tersebut, sedangkan kecakapan motorik terus membaik. Anak usia 6 tahun nampak seperti anak kecil, sedangkan anak berusia 12 nampak seperti orang dewasa.
A.      Pertumbuhan fisik atau Jasmani
Apabila kita perhatikan anak-anak yang sedang berbaris didepan kelas, dapat dilihat  bahwa terdapat perbedaan jasmani. Ada anak yang tinggi, pendek, kurus dan gemuk dengan beraneka ragam bentuknya.
a.       Pertumbuhan selama pertengahan masa kanak-kanak
1.       Tingkat pertumbuhan
Pada anak usia 10 tahun baik laki-laki maupun perempuan, badannya bertambah berat kurang lebih 3,5 kg dan tingginya bertambah. namun setelah remaja anak perempuan pada usia 12-13 tahun berkembang lebih cepat dari pada anak laki-laki. Menurut Tanner (1973 : 35) anak usia 7 tahun tidak akan banyak berubah samapi berusia 9 tahun, hal ini dalam keadaan normal. Menurut penelitian yang dilakukan diberbagai tempat di dunia terdapat rentangan sebesar 9 inci atau 22,5 cm diantara anak dalam ukuran pendek, misalnya di asia tenggara, Oceania, dan amerika selatan sedangkan anak-anak eropa utara dan tengah, australia timur, dan amerika serikat pertumbuhannya lebih tinggi (Meredith, 1969).

2.       Nutrisi dan pertumbuhan
Untuk mendukung pertumbuhan spontan ini anak-anak memerlukan 2.400 kalori setiap hari, 34 gram protein,  dan rata-rata karbohidrat yang tinggi paling minimum harus tetap dipertahankan (E.R.Williams dan Cakiendo, 1984). Anak-anak yang tidak memperoleh ekstra protein pada waktu mudanya (kanak-kanak) cenderung bersikappasif, dan tergantung kepada orang dewasa. Para peneliti menemukan bahwa bayi yang kurang nutrisi, mereka tidak memiliki energi untuk berhubungan atau merespon perhatian ibunya. Sebaliknya anak kecil (infant) menjadi kurang responsif dan kurang mengembangkan kemampuan antar pribadi, (B.M Lester, 1997). Demikian pula apabila seorang ibu kurang nutrisi, kejadian tersebut makin buruk (rossetti, Ferrira 1978).

3.       Kesehatan dan kebugaran anak
Kesehatan anak, pada perkembangan vaksin untuk berbagai penyakit anak-anak telah membuat anak-anak usia pertengahan selamat dalam hidupnya. Permberian vaksin sangat baik bagi anak-anak usia ini dari pada anak-anak yang lebih rendah usianya. Hal ini terbukti dengan adanya imunisasi di sekolah.

untuk artikel lengkapnya silakan download disini