HUKUM HUKUM PERKEMBANGAN


HUKUM HUKUM PERKEMBANGAN
A.     Prinsip prinsip dasar perkembangan
Carol gestwicki (1995) mengemukakan beberapa prinsip dasar perkembangan.
1.       Dalam perkembangan terdapat urusan yang dapat diramalkan.
2.       Perkembangan dalam suatu tahap merupakan landasan bagi perkembangan berikutnya.
3.       Dalam perkembangan terdapat waktu-waktu yang optimal
4.       Perkembangan merupakan hasil interaksi factor-factor biologis (kematangan) dan factor-factor lingkungan (belajar).
5.       Pekembangan maju berkelanjutan merupakan kesatuan yang saling berhubungan, dengan semua aspek-aspek (fisik, kognitif, emosional, sosial) yang saling mempengaruhi.
6.       Setiap individu berkembang sesuai dengan waktunya masing-masing.
7.       Perkembangan yang berlangsung dari yang sederhana kepada yang kompleks, dari yang umum kepda yang khusus.
Penelitian Sutterly dan Donnely  mengenai proses pertumbuhan menghasilkan 10 prinsip dasar pertumbuhan. Beberapa prinsip dasarnya di antaranya yaitu:
1.       Perubahan adalah kompleks dan semua aspek-aspeknya berhubungan sangat erat.
Perubahan semua dimensi pertumbuhan terdapat saling keterhubungan yang dinamis. Untuk dapat mengkonseptualisasikan perkembangan manusia secara seksama.
2.       Pertumbuhan mencakup hal-hal kuantitatif dan kualitatif.
a.       Perubahan perubahan terjadi secara beransur dan ad yang melaui penggantian sehingga memungkinkan tumbuh kita untuk tetap bertahan pertumbuhan yang terjadi secara beransur ansur mengimbangi bagian bagian yang hilang agar tetap berinteraksi dengan lingkungan.
b.      Pertumbuhan terus terjadi melalui perkembangan dan integrasi sel dan jaringan yang berbeda , dengan kapisitas fungsional khusus aktifitas internal dan tidak nampak.
c.       Kematangan adalah proses pertumbuhan yang mengubah organisme dalam arti mengganti dan menolak apa yang sudah dipelajari dan diperoleh sebelumnya untuk dapat menggantikannya atau menyesuikannya dengan fungsi atau proses yang baru yang lebih sesuai dengan ukuran, bentuk dan  fungsi yang sedang tumbuh dan kapasitas kapasitas lainya yang sedang berkrmbang.

3.       Pertumbuh adalah proses yang berkesinambungan dan terjadi secara teratur.
Semua dimensi perrtumbuhan terjadi secara teratur dan dalam urutan yang dapat diramalkan walaupun proses ang terjadi secara reguler dan teraturhasilnya tidak seragam. Whipple (1996) mengatakan bahwa perkembangan pada tangan mulut merupakan koordinasi dalam melihat, meraba, menjangkau, dan menjajagi objek-objek. Pandangan yang hampa dan belum pernah terjadi pada bayi yang baru lahir. Usia 3 bulan dia melihat dan mengikuti objek-objek pada 180 derajat dan keadaan keadaan sekelilingnya.
4.       Pada pertumbuhan dan perkembangan terdpat keteraturan arah.
Perkembangan lain terjadi pada simetri kiri dan kanan yang disebut dengan perkembangan bilateral. Tanner (1965) menyatakan bahwa menusia terdapat asimetri dalam simetri. Maksudnya secara eksternal bagian kiri badan manusia hampir menjadi cerminan bagian kanan; bagaimana secara internal organ-organ tubuh seperti jantung.
5.       Tempo pertumbuhan tidak sama.
Urutan osifikasi ini teratur dan terjadi melalui tahap-tahap dan dapat diramalkan bila anak berada dalam keadaan sehat. Setiap anak secara individual mempuhnyai pola pertumbuhan sendiri-sendiri.
6.       Aspek-aspek yang berda dari pertumbuhan berkembang pada waktu dan kecepatan yang berbeda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai bagian tubuh tumbuh pada waktu dan kecepatan yang berbeda sehingga mencapai titik maksimal pertumbuhan yang berbeda dari seluruh siklus kehidupan.
7.       Kecepatan dan pola pertumbuhan dapat di modifikasi oleh factor-factor intrinsik dan ekstrinsik.
Faktor yang paling jelas mempengaruhi pertumbuhan adalah nutrisi. Selain mempengaruhi kecepatan pertumbuhan, nutrisi ini mempengaruhi pencapaian kedewasaan.
8.       Pada pertumbuhan dan perkembangan terdapat masa-masa kritis.
Dr. Winick secara lebih khusus menekankan bahwa 45 bulan pertama merupakan pertumbuhan yang paling kritis karena prtumbuhan otak yang berkembang paling pesat selama dalam rahim.
9.       Pada suatu organisme ada kecendrungan untuk mencapai potensi optimal.

Suatu organisme akan mencari dan berusaha unuk mencapai fungsi optimal yang baik dalam stuktur atau fungsinya. Perbaikan lingkungan tidak menjamin individu menambah potensi genetiknya, walau hal itu mungkin saja memaksimalkan potensinya tugas utama yang dihadapai manusia ialah mengetahui bahwa faktor-faktor non-genetik disesuikan sehingga individu menyadari potensi dirinya sendiri sepenuhnya.

10.   Setiap individu tumbuh dengan caranya sendiri dan unik.
Bagaimana setiap individu dalam menjalani hidupnya dilengkapi dengan pembawaannya yang unik serta pengalaman yang bersifat pribadi yang dilalui dengan kecepatan tersendiri. Para ahli berpendapat bahwa kepribadian dibentuk oleh pola hubungan yang menetap antara temperamen dan lingkungan.


UNTUK LEBIH LENGKAPNYA SILAKAN DOWNLOAD FILE-NYA DISINI